Kenapa Ambulans Berwarna Putih?

Kenapa Ambulans Berwarna Putih?

Tadi pagi salah satu teman kami bertanya “kalian tau gak kenapa ambulans warnanya putih?” jawab salah seorang dari kami secara spontan adalah “kalo warna biru ya angkot, warna merah pemadam kebakaran”, dan sontak itu membuat kami tertawa, “tapi setiap warna itu punya filosofi tersendiri loh” jawabnya.

Karena rasa penasaran akhirnya kami mondar mandir di mbah google memang benar hampir semua warna ambulans dari berbagai negara itu berwarna dominasi putih, akhirnya dari diskusi yang tidak begitu penting ini kami mendapat beberapa kesimpulan alasan ambulans warnanya putih :

1.Karena putih adalah warna yang cukup mencolok, Menurut penelitian Tuev-Nord di Jerman, mobil berwarna putih lebih bisa terlihat walau dalam situasi cuaca yang tak terlalu terang dan jarak yang jauh. sehingga saat dalam keadaan darurat setiap pengguna jalan akan mengetahui bahwa ada ambulans yang akan lewat alasan ini cukup logis menurut kami tapi tidak semua mobil berwarna putih itu ambulans kan? Muncul lagi pertanyaan lain :D lanjutkan ke kesimpulan ke dua karena tidak akan ada habisnya :D

2.Jika kita ambil kesimpulan dari arti filosofi warna putih artinya putih itu suci, bersih, jernih sudah tidak asing lagi bukan arti seperti itu, tapi ada makna lain loh dari warna putih ini, Secara psikologis, putih bisa memberikan efek meredakan rasa nyeri, steril, menghadirkan aura kebebasan dan keterbukaan. Alasan ini salah satu yang mendasari kebanyakan rumah sakit dan pekerja rumah sakit serta warna ambulans menggunakan warna putih.

Terpecahkan sudah misteri kenapa ambulans berwarna putih, berdasarkan diskusi kami yang di bantu oleh mbah google ini, ternyata memang tujuannya adalah untuk memberi pereda nyeri dan steril bagi pasien yang sedang sakit atau dalam kondisi kritis agar dapat segera membawa pasien yang sedang dalam keadaan kritis tersebut bisa secepatnya mendapat pertolongan di Rumah Sakit.