Tanah di Jonggol Diborong Bakrie


Setelah mengakuisisi 51% saham PT. Bukit Jonggol Asri milik PT Sentul City Tbk pada tahun 2010, Bakrie Group melalui anak perusahaannya PT Bakrieland Development Tbk dipastikan memiliki cadangan lahan (bank land) sebesar 12.500 Ha. Dengan demikian Bakrie Group menjadi satu-satunya konglomerasi yang paling banyak berinvestasi tanah di Jonggol.

Rencananya Bakrie Group melalui PT. Bukit Jonggol Asri akan mengembangkan tanah di Jonggol untuk membangun kawasan pemukiman, pusat pemerintahan, sentra bisnis dan taman wisata bertaraf internasional sebagai kawasan terpadu mandiri. Pengembangan ini tentu saja memerlukan dana pengembangan mencapai trilyunan rupiah.

Mengingat besarnya proyek ini tentunya  Bakrie Group tidak akan menggarap proyek ini sendirian. Beberapa konglomerasi besar lainnya sudah siap merapat untuk mendukung mega proyek ini diantaranya Ciputra Group, Sinarmas Group dan Grup Djarum. Bahkan Ciputra Group sudah lebih dulu mengembangkan kawasan ini dengan mendirikan PT Ciputra Indah pada Tahun 1995. PT Ciputra Indah sendiri saat ini sudah sangat berkembang dengan menguasai lebih dari 600 Ha tanah di Jonggol untuk membangun kawasan perumahan Citra Indah. Selanjutnya Grup Sinarmas sudah membangun kawasan perumahan Harvest City, Mekarsari dengan luas lahan mencapai lebih dari 1000 Ha dikawasan Cileungsi, setelah sebelumnya grup ini sukses membangun kawasan Cibubur dengan mengembangkan perumahan Kota Wisata.

Antusiasme ini sendiri tercermin dari gagasan dan keinginan Ciputra, pemilik Ciputra Group. Dalam sebuah wawancara Ciputra pernah mengutarakan bahwa ia memiliki gagasan untuk membangun sebuah kawasan wisata yang bertema alam, flora dan fauna (theme park) bertaraf internasional yang terletak diwilayah pegunungan dengan ketinggian 1200m dpl. Dengan gagasan itu mungkin saja Ciputra akan mewujudkannya dikawasan kota terpadu mandiri seperti di Citra Indah, yang tentunya memerlukan tanah luas di Jonggol. Untuk memuluskan proyek ini bahkan akan dibangun akses tol lingkar luar Jonggol dari tol Jagorawi menuju tol Cikampek.

Lalu  bagaimana kelanjutan dari mega proyek ini setelah banyaknya tanah di Jonggol diborong Bakrie?. Kita tunggu saja realisasinya.

jonggolonline.com