Tips membersihkan rumah sehabis kebanjiran



    Rumah yang kebanjiran adalah salah satu hal yang menyebalkan, tapi tidak bisa dipungkiri mungkin kita masuk dalam lingkungan yang rentan dengan terkenanya banjir. Banjir adalah hal yang cukup lumrah didaerah Jakarta, ataupun daerah yang terkadang  terkena banjir  yaitu Kali Bengawan Solo, daerah Jratunseluna ,  banjir lahar dingin Merapi , banjir lahar dingin Semeru , Gunung Bawakaraeng, Sungai Citarum  dan kawah Gunung Ijen.
    Dampak banjir sendiri untuk rumah kita banyak sekali, yaitu rumah yang kehilangan barang barang, merusak barang  barang, besarnya kemungkinan kemasukan binatang binatang melata, membuat rumah kotor bahkan merusak material rumah. Saat ini kami akan memberi tips untuk membersihkan rumah setelah kebanjiran.
1.    Bersihkan lalu keringkan rumah serta segala macam perabotan yang ada di dalam rumah.
Membersihkan rumah sangatlah penting saat banjir telah melanda rumah kita kemarin, hal ini baik untuk merawat dan menjaga perabotan rumah tangga agar tidak rusak dan terbebas dari jamur dan hama penyakit. Caranya sebagai berikut :
a.    Mengeluarkan barang barang(perabotan) dari rumah
b.    Membersihkan barang barang dengan air bersih
c.    Menjemur barang yang dicuci tadi dibawah sinar matahari
d.    Membersihkan rumah dari kotoran kotoran yang tersangkut didalam rumah
e.    Membersihkan rumah dari lumpur dan air yang mesih menggenang
f.    Membersihkan tembok yang terkena kotoran dan lumpur
g.    Mengepel lantai dari lumpur dan air yang menggenang sekitar dua sampai tiga kali pengulangan, agar rumah benar benar bersih
h.    Menata kembali barang barang yang sudah bersih dan kering tadi didalam rumah.

2.    Menjaga barang dari banjir
Ini termasuk bagian penting dalam keadaan yang sulit ini, kita harus terus belajar untuk mengantisipasi dari hal hal yang tidak diinginkan. Saying sekali bila banyak barang barang bagus yang rusak bila terkena banjir. Beginilah caranya:
a.    Manaruh barang barang berharga ditempat yang aman
b.    Membuat panggung kecil didalam rumah untuk tempat barang barang saat banjir
c.    Tidak membuat ataupun menaruh stopkontak dibawah agar tidak terjangkau oleh banjir dan menyebabkan konslet maupun kebakaran
d.    Membuat palang di pintu depan.


Itulah beberapa tips untuk menghadapi banjir dari kami, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca!