WordPress

WordPress adalah software yang bisa digunakan untuk membuat website, baik web pribadi, situs berita atau bahkan toko onlinepun juga bisa dibuat dengan wordpress ini. Dengan software ini kita tidak perlu pusing pusing dengan coding yang sangat panjang, dan tidak perlu takut untuk error yang ada dalam coding, serta wordpress  sudah menyediakan banyak tamplete yang menarik dan bagus.
Awalnya Matt Mullenweg hanya ingin memenuhi kebutuhannya akan sebuah software publishing  online akhirnya pada tahun 2003 ia menemukan WordPress. Beberapa waktu kemudian, salah satu platform online publishing lainnya menerapkan sejumlah harga untuk penggunaannya, maka makin banyak orang mencari alternatif yang gratis, dan WordPress adalah pilihan tepat saat itu. Hingga saat ini WordPress berkembang sangat pesat dibawah perusahaan yang didirikan Matt, Automattic.Inc.
Wordpres juga dibagi menjadi dua yaitu WordPress.com & WordPress.Org.


Penjelasan tentang WordPress.com ialah WordPress.com adalah sebuah situs komersial yang menawarkan hosting untuk membuat blog dengan pilihan: gratis tetapi terbatas fiturnya, atau membayar untuk mendapatkan peningkatan fitur. WordPress.com menjalankan bisnis dengan cara menyediakan lingkungan yang dilengkapi fitur sendiri untuk blog, dimana anda bisa blogging dengan aman dan terbebas dari segala urusan teknis seperti set up (mendirikan dan mempersiapkan) dan maintenance (memelihara dan menjaga). Dengan kata lain anda tinggal memakai saja, tidak perlu terlampau memusingkan segala urusan teknis. Tetapi WordPress jenis ini tidak bisa memakai Plugin.
 
Sedangkan apa itu WorPress.Org? WordPress.org adalah sebuah Open Source Software yang telah mentenagai jutaan situs web di jejaringan internet, termasuk situs WPkreativ. WordPress.org secara hirarki hanyalah sebuah situs pusat komunitas WordPress itu sendiri. Disini inti perangkat lunak WordPress disimpan dan diperbarui berikut ribuan Theme dan Plugin. Salah satu diantaranya adalah WordPress dalam bahasa Indonesia. Dan sebagai open source, anda bisa mendapatkan semuanya secara gratis untuk digunakan maupun dimodifikasi.
Setelah mengetahui jenis jenis wordpress dan perbedaannya  pemilihan kembali di tangan kita, tergantung dengan penggunaan untuk membuat apanya dulu lalu dengan kriteria wordpress apa yang cocok dengan project yang kita buat.